Rabu, 06 Juli 2011

Kamus Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Gateway : Merupakan istilah yang digunakan sebagai tempat keluar masuk/pintu gerbang untuk saling bertukar data. Dapat digunakan juga untuk menyaring data.
Bandwith : Suatu besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan melalui sebuah jaringan.
NGN (Next Generation Network) : Istilah umum yang merujuk pada jaringan berbasis paket yang mampu menyediakan layanan-layanan termasuk didalamnya layanan telekomunikasi.
VPN (Virtual Private Network) : Merupakan suatu koneksi jaringan pribadi yang dibangun di atas infrastruktur yang dapat diakses oleh umum, misalnya melalui jaringan internet atau jaringan telepon umum.
HTML (HyperText Markup Language) : Merupakan sebuah bahasa standar dalam pembuatan situs/website. Sebuah website terdiri dari halaman-halaman yang disebut dengan file html. Sebuah ponsel yang mendukung HTML berarti ponsel tersebut sudah dapat membuka halaman-halaman berbentuk website/wapsite, misalnya ponsel-ponsel pabrikan China (IMO, CSL, Mito, dll), Thailand (i-mobile).
xHTML : penggabungan bahasa HTML dan xML serta merupakan generasi penerus dari HTML. Jadi jika suatu ponsel telah mendukung HTML dan xHTML, maka ponsel tersebut dapat membuka halaman website dengan kedua format tersebut layaknya Personal Computer (PC). Ponsel-ponsel tersebut antara lain Soner (J105, Hazel, W800, W700, Elm,dll), Samsung (Corby, Galaxy, Wave, dll), Nokia (X6, C6-01, E71, E72, N86, 5800, dll), LG (GD880, Optimus, Arena, dll), Blackberry (Storm, Curve, Bold, Pearl, Tour, dll), dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar